bukan, bukan belanjaan seharga emas,,

saya ingat pernah diceritakan sebuah cerita rakyat mengenai kearifan masyarakat sebuah desa yang tidak berani mengambil emas yang sengaja dijatuhkan oleh rajanya di jalan. alasannya sederhana, karena emas tersebut bukan milik mereka. bukan hak mereka.

dan dua hari yang lalu saya menyaksikan peristiwa dengan plot yang hampir sama. di sebuah jalan di Jakarta, sebuah keluarga kecil yang terdiri atas ayah, ibu dan anaknya sedang menaiki motor mereka. kemungkinan besar mereka sedang pulang menuju rumah setelah berbelanja di pasar minggu. naas, pegangan salah satu plastik belanjaan mereka terlepas dari genggaman sang ayah sehingga isi plastik tersebut berhamburan ke jalan. sang ayah pun menghentikan motornya, membetulkan pengangan plastik agar masih ada hasil belanjaan yang terselamatkan.

yang patut menjadi catatan dari kejadian ini adalah ketika isi plastik berhamburan, beberapa orang yang ada di sekitar tempat kejadian langsung menghampiri motor dan mengumpulkan belanjaan yang jatuh ke jalanan. normal pikir saya. orang-orang itu berusaha membantu. tapi tahukah anda apa yang kemudian terjadi? alih-alih menyerahkan belanjaan yang mereka kumpulkan ke keluarga kecil tadi, mereka menjauh dan mengambil belanjaan tersebut untuk diri meraka sendiri. dan saya pun langsung terbengong-bengong seketika.

orang-orang itu dengan cueknya mengambil apa yang bukan hak mereka. dan tahukah anda barang apa yang mereka ambil itu? bukan, bukan belanjaan seharga emas, melainkan hanya satu kantong keresek buah duku. satu kantong buah duku yang dibeli sang ayah untuk keluarganya.

satu pertanyaan terlontar di otak saya: apakah masyarakat kita memang sudah seburuk itu, tak segan-segan mengambil apa yang bukan haknya? ataukah pada hari itu saya hanya kebetulan melihat sebuah pengecualian? sampel yang salah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s