tentang Indonesiaku,,

...

Berhubung saya tidak punya televisi di rumah, jadinya saya agak tertinggal dalam mengikuti kejadian-kejadian yang akhir-akhir ini terjadi di negeri ini. Dari obrolan dengan teman-teman, saya tahu bahwa masyarakat sedang dihebohkan oleh hasil wawancara seorang perempuan Indonesia yang sedang berlaga di salah satu kontes kecantikan Internasional. Perempuan tersebut dikomentari negatif akibat kemampuan bahasa Inggrisnya yang kurang baik. Komentar negatif tersebut kemudian serta merta ditambahi dengan kritik sadis mengenai penampilan fisik si perempuan. Kasihan, sudah susah payah memperjuangkan nama Indonesia, eh malah mendapat caci maki. Bukannya membela si perempuan, tapi menurut saya cukuplah kritikan ditujukan ke yayasan yang menyaring kandidat untuk kontes kecantikan tersebut, tidak perlu sampai menjelek-jelekkan si perempuan.

Lalu, saya sempat mendengar pula bahwa saat ini sedang terjadi perseteruan dengan negara tetangga kita, untuk kesekian kalinya. Dan lagi-lagi, tanggapan bervariasi muncul dari masyarakat. Ada yang berunjuk rasa, menjelek-jelekkan negara tersebut, bahkan ada yang mengusulkan agar kita berperang saja dengan mereka.

Memang benar, beberapa kali terjadi gesekan dengan negara tetangga tersebut, mulai dari urusan ekonomi hingga sosial budaya. Namun, bukankah gesekan itu wajar? Namanya juga hidup bertetangga. Kita yang hanya bertetangga dengan segelintir orang, pasti pernah mengalami yang namanya gesekan. Lalu, apakah setiap kali kita berselisih dengan tetangga sebelah, kita lantas dengan brutal mengebom rumahnya? Kan tidak. Unjuk rasa dan perang tidak akan menyelesaikan apapun Kawan, dan tidak akan membuat negara kita dipandang hebat oleh siapapun.

Bagaimana jika kita justru berbuat nyata, berbuat sesuatu yang memang membanggakan negeri ini dan tak hanya duduk diam sambil berkomentar pedas menjelek-jelekkan negara lain atau pun mencaci maki bangsa sendiri?

Pasti bisa, tinggal cari tahu jalannya. Selamat mencoba 🙂

ask not what your country can do for you- ask what you can do for your country

-John F. Kennedy-

Catatan pertama: Saya tergerak untuk membuat tulisan ini setelah membaca ulasan mengenai paviliun Indonesiais pada World Expo 2010 di Shanghai melalui tautan ini. Saya bangga dengan orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaraan paviliun Indonesiais ini. Bravo!!  🙂 (Terima kasih untuk Mona yang memberi tahu alamat tautan di atas)

Catatan kedua: Foto di atas diambil di kota La Rochelle, Perancis. Foto tersebut menunjukkan etalase sebuah toko yang menjual berbagai suvenir dari Indonesia.

Catatan ketiga: Intip juga sumbangan dari teman-teman saya untuk Indonesia di situs peepIndonesia 🙂

Dan sekali lagi, Kami tunggu kontribusi Anda untuk Indonesia 🙂

Advertisements

4 thoughts on “tentang Indonesiaku,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s