destinasi = tujuan !!

Sebuah pertanyaan mengganggu pikiran saya beberapa minggu ini.

Mengapa perlu dibuatkan padanan kata destinasi untuk destination, padahal bahasa Indonesia sudah memiliki kata tujuan untuk menjelaskan hal yang sama?

Oke, saya tahu bahwa saya bukanlah pakar bahasa Indonesia dan saya pun belum sepenuhnya bisa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Namun, menurut pendapat saya, pembentukan kata serapan dalam bahasa Indonesia dengan tujuan untuk mencari padanan kata dari bahasa asing hanya diperlukan ketika memang belum ada kata yang dapat menjelaskan hal yang dimaksud dengan baik.

Dalam kasus ini saya menemukan dalam sebuah artikel koran kata destinasi dirangkai dengan kata wisata untuk membentuk kelompok kata destinasi wisata. Apakah penggunaan kelompok kata tersebut merupakan usaha untuk membuat tulisannya terdengar lebih canggih dengan penggunaan terjemahan langsung dari istilah dalam bahasa Inggris tourism destination? Entahlah. Kalau menurut saya, penggunaan kelompok kata tujuan wisata pun sudah dapat menjelaskan maksud penulis dengan sempurna.

Bahasa Indonesia sudah kaya akan kosa kata yang dapat digunakan dalam berbagai jenis tulisan dan saya rasa penggunaan sesedikit mungkin kata serapan dalam media publikasi merupakan salah satu upaya untuk melestarikan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bagaimana menurut Anda? 🙂

Advertisements

3 thoughts on “destinasi = tujuan !!

  1. Saya benci penggunaan kata “destinasi” dalam bahasa Indonesia.

    Yang lebih dahulu menggunakan “destionasi”, setahu saya adalah Malaysia. Saya heran, kenapa Malaysia menggunakan “destinasi”. Apakah mereka tidak mempunyai “tujuan”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s