cerita dari handil dua

 

Kemarin saya, Saras, dan beberapa ibu dari Bidkarti Total berkunjung ke sebuah sekolah dasar di Desa Handil Terusan. Perjalanan menuju ke sana cukup panjang dan melelahkan;dimulai dengan menaiki bus dari Balikpapan sampai Samarinda selama 2 jam yang diteruskan dengan menaiki sea truck (semacam kapal kecil) untuk menyusuri Sungai Mahakam menuju desa tersebut selama 40 menit.

Sampai di sana adik-adik dari SD Handil Dua sudah menunggu dan mereka pun dengan antusias menaikkan berbagai macam bingkisan yang kami bawa ke dalam kereta dorong untuk diangkut ke sekolah mereka. Dari jetty (pelabuhan kecil) kami masih harus berjalan kaki, melewati perkampungan yang jumlah rumahnya tidak bisa dibilang banyak, mungkin hanya sekitar 20 rumah. Di sana-sini terlihat rumah panggung lengkap dengan perahu-perahu kecil yang sedang ditambat. 

Setelah jalan sehat selama 1/2 jam, akhirnya sampai juga di sekolah yang dimaksud. Bangunan sekolah ini terdiri atas 5 ruangan kelas yang cukup baik; bangunannya terbuat dari kayu yang cukup kokoh, tidak ada atap yang bolong ataupun bocor sehingga anak-anak di sini masih bisa bersekolah walaupun turun hujan. 

Akan tetapi, sekolah ini unik karena di halaman belakangnya kita bisa melihat satu set kandang sapi, lengkap beserta sapi-sapinya, huehe.. Kata salah seorang murid, sapi-sapi itu milik guru mereka. Lucu juga yah, jika sekolah-sekolah di kota besar memiliki kantin sehat, maka adik-adik di sini memiliki kandang sapi di halaman belakang sekolah mereka, hehe..

Acara bakti sosial dilanjutkan dengan pembagian berbagai jenis bola (bola voli dan bola sepak), tas sekolah, pakaian seragam, pakaian olah raga, dan tentu saja makanan ringan untuk camilan mereka. Oiya, set pakaian olah raga (kaos dan celana) hanya dibagikan kepada anak perempuan supaya mereka tetap dapat bermain sepakbola bersama anak laki-laki. FYI, di sini hanya ada lapangan sepakbola sehingga biasanya anak perempuan juga bermain sepakbola (dengan tetap mengenakan rok, hehe..)

Hoho,,senangnya kemarin bisa berpetualang sambil berbagi kebahagiaan dengan adik-adik di sana. Sekian dulu cerita dari Handil Dua. Salam hangat dari adik-adik di sana untuk Anda ^o^

Advertisements

2 thoughts on “cerita dari handil dua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s