tentang poci

Tanggal 14 kemarin ibu yang satu ini berulang tahun dan saya pun, seperti biasa, mengirimkan sms selamat ulang tahun untuk dia; mendoakan agar pertambahan usia ini membawa berkah. Dia lalu membalas sms saya dan kami pun saling berbalas sms, menanyakan kabar masing-masing. Dan kemudian sampailah dia pada pertanyaan, “Eka apa kabar? Di mana sekarang?”.

Lalu saya pun menjawab, “Eka sekarang di Balikpapan Ndri, kerja di Total”

Dan dia pun merespon, “Heeeeee??? Total???? Bikin penanaman pohon juga ga? Hahaha… Eka kan yang nerusin POCI, sampe seluruh dunia sekarang ikut-ikutan..”

Hoho,,rupanya dia cukup shock karena saya sekarang bekerja di perusahaan minyak dan gas bumi yang notabene dianggap sebagai industri yang memiliki kontribusi cukup besar dalam kerusakan lingkungan. Padahal ketika kuliah dulu (sampai sekarang juga kok..) saya cukup aktif menentang segala bentuk perusakan lingkungan. Nah, dulu saya dan dia sempat menggagas sebuah kegiatan yang namanya Poci, alias Pohonku Cintaku. Konsep PoCi ini sebenarnya cukup sederhana, bentuknya berupa kegiatan menanam pohon di sekitar Bandung. PoCi yang kami rancang adalah PoCi yang sustainable. Kami tidak menginginkan PoCi hanya jadi kegiatan “hari ini tanam pohon lalu besok pohonnya mati”. Oleh karena itu, kami menekankan pentingnya partisipasi, baik dari mahasiswa sebagai penggagas, pemerintah kota sebagai fasilitator, dan masyarakat sebagai pemelihara.

Konsep PoCi ini dulu sebenarnya hampir matang. Bahkan kami sudah membuat identifikasi kebutuhan, flowchart proyek, dan cost analysis. Namun, apa daya? Kesibukan tingkat tiga (bagi saya) dan pengerjaan Tugas Akhir (bagi dia) melibas habis semuanya, huhu.. Sampai akhirnya PoCi harus di-hand over-kan ke Kabinet KM ITB. Dan saya pun tidak tahu kabarnya sampai sekarang.. =(

However,,,, at least I’ve planted my first tree in Balikpapan =)

So, how about you? Have you planted your own?

5 thoughts on “tentang poci

  1. pas poci gw ikutan kok..
    muthe 04 PJny.. haha.
    pohon2nya tumbuh dgn baik di jalan ahmad yani..
    mpe skrg.. ud 2 tahun, ga kerasa juga.

  2. @ batari: ayo bat, mulai tanam pohon dari sekarang, buat anak cucu kita 🙂

    @ agus: wah, iya Gus? Ah nanti kalau ke Bandung, Eka mo liat pohon-pohonnya. Seneng banget ternyata POCInya bisa direalisasikan. Thx buat infonya Gus 😀

    @ anto: Jakarta duluan kali yang bakal tenggelam,,

Leave a Reply

